Harau  Peforming Art (HARPA) adalah program acara pada perhelatan seni dan budaya Pasa Harau Art & Culture Festival 2018. Harau Performing Art diinisiasi untuk memfasilitasi seniman-seniman serta kelompok-kelompok kesenian kontemporer Sumatera Barat untuk mempresentasikan karyanya di tengah-tengah masyarakat.

Harau Peforming Art dilatar belakangi oleh pandangan tentang kesenian kita hari ini, bahwa kesenian kita semakin bergerak kearah elitisme dan tidak menyentuh masyarakat dipenjuru pedesaan. Kecendrungan kesenian, katakanlah seni pertunjukan kita, kerap dipentaskan di gedung-gedung pertunjukan yang terbatas penonton. Seolah hanya bisa dinikmati oleh beberapa kalangan saja, seperti kalangan seniman itu sendiri, produser-produser seni, penonton yang ada digedung pertunjukan itu, serta penulis pertunjukan.

Jikapun penulis atau kritikus mampu bisa menjebatani karya seni dipertunjukan dengan masyarakat luas, tentu juga teruntuk pada mereka yang sempat membaca media-media pembeitaan budaya. Sebutlah media-media online, ataupun media cetak. Lantas, bagaiamana dengan masyarakat-masyarakat yang tidak tersentuh akses tesebut?

Yang lebih ironis adalah ketika seni pertunjukan modern kita kehilangan konteksnya. Ketika semangat kekaryaan seniman terbaca lewat roh kesenian tradisi, semacam membaca ulang kesenian tradisi melalui karya-karya kontemporer. Namun sayangnya, karya itu dipresentasikan pada masyarakat lain yang jauh dari masyarakat itu sendiri. Inilah yang kemudian dibaca oleh Pasa Harau melalui Harau Peforming Art, semacam upaya mengembalikan kesenian ketengah-tengah masyarakat.

Kemudian pada persoalan yang lain, tidak munculnya seniman-seniman dari generasi yang lebih muda, sehingga juga berakibat kurangnya penikmat atau penonton seni petunjukan dari generasi yang lebih muda. Kecuali memang kesenian-kesenian yang sifatnya lebih populis.

Untuk itu, tentu tema ini merupakan satu penawaran yang menarik, dengan penekanan anak muda sebagai pendekatan sebuah festival. Baik itu sebagai pelaku festival itu sendiri, sebagai seniman pengisi acara. Serta bagaimana kemudian anak muda dan masyarakat pedesaan merespon karya-karya kesenian modern kita.

Panitia membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi sebagai penampil di panggung pertunjukkan Harau Peforming Art pada helat Pasa Harau Art & Culture Festival 2018. Silahkan isi form di sini.

 

%d bloggers like this: