Pasa Harau & Art Culture Festival adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan wisata berbasis komunitas di Lembah Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Diselenggarakan oleh masyarakat yang bernaung dalam Komunitas Lembah Harau.

Festval ini bertujuan sebagai pilot pemberdayaan masyarakat pariwisata dengan cara kreatif, mandiri dan berkelanjutan dengan pelibatan masyarakat sekitar sebagai penyelenggara kegiatan. Maka, beberapa aktivitas seperti perencanaan pembangunan nagari, pembangunan infrastruktur pendukung kawasan wisata berbasis komunitas, peningkatakan sumber daya manusia melalui pelatihan manajemen seni pertunjukan, workshop seni pertunjukan, dan workshop pembuatan karya seni instalasi, serta pembangunan jejaring dan promosi akan diselenggarakan secara berkesinambungan.

Ke depan, Harau Art & Culture Festival ini diharapkan dapat membantu peningkatan pendapatan masyarakat melalui ekonomi kreatif yang tumbuh di nagari Harau akibat berkembangnya sektor pariwisata di Lembah Harau.

%d bloggers like this: